Benarkah Dexamethasone Berguna untuk Pasien Covid? Ini Manfaatnya


Di Inggris sebuah penelitian menyatakan pemberian Dexamethasone bisa mengurangi angka kematian pada pasien COVID-19 yang membutuhkan perawatan dengan ventitalor. Selain itu juga bisa membantu pasien COVID-19 yang sedang membutuhkan oksigen tambahan. Berikut ini manfaat dari obatnya.

1.     Obat Kortikosteroid

Dikenal sebagai obat Kortikosteroid yang merupakan obat untuk bisa mengatasi berbagai jenis penyakit yaitu radang sendi. Jadi, Anda yang sering sakit di bagian sendi bisa menjadikan obat ini sebagai solusi. Di mana salah satu gejala Covid juga bisa mengalami sakit di bagian persendian yang membuat Anda tidak mampu untuk berdiri.

2.     Membantu Sistem Kekebalan Tubuh

Orang dengan sistem kekebalan tubuh yang rendah berisiko terkena Covid lebih besar dan dampaknya bisa sangat buruk bagi kesehatan. Obat ini bisa membantu menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap terjaga, sehingga Anda bisa terhindar dari penyakit Covid. Jika sedang menderita penyakit ini, bisa segera pulih karena sistem kekebalan tubuh yang membaik.

3.     Mengurangi Pembengkakan

Manfaat lainnya dari obat ini membantu respon pertahanan alami tubuh menjadi lebih cepat dan kuat, sehingga mampu mengurangi pembengkakan di dalam tubuh. Obat hormon ini pilihan yang tepat dan akan sangat mudah untuk didapatkan.

4.     Mencegah Kematian

Covid belum juga lenyap dan terus saja menginfeksi banyak orang. Ada yang mengalami gejala ringan dan sembuh, tetapi ada juga yang berujung kematian. Pengobatan dengan oksigen dan ventilator sangat dibutuhkan untuk bisa menyelamatkan pasien Covid dengan gejala berat dan komplikasi berbagai penyakit kronis.

Dexamethasone merupakan jenis obat pertama yang bisa membantu mengurangi angka kematian pasien covid. Di mana obat ini cara kerjanya dapat menekan respon imun abnormal yang akan merusak organ tubuh.

5.     Mencegah Sesak Napas

Obat hormone ini sangat membantu sekali untuk mencegah pasien Covid agar tidak mengalami sesak napas karena peradangan. Di mana peradangan akan merusak bagian paru-paru, sehingga mengalami penumpukan cairan (edema paru) dan pembentukan selaput hyalin. Akibatnya pasien Covid akan mengalami komplikasi. Obat ini akan mencegah risiko buruk itu.

6.     Mengatasi Autoimun

Autoimun merupakan sebuah penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Jadi, saat autoimun yang diderita bisa diatasi dengan baik risiko infeksi akan menjadi lebih kecil. Gejala dari autoimun bisa diketahui dengan demam ringan, rambut rontok, sulit konsentrasi, kelelahan, pegal otot, dan sering mengalami kesemutan di tangan dan kaki.

7.     Pengobatan Kanker

Organisasi Kesehatan Dunia WHO sudah menggunakan obat ini sejak 1960-an dalam pengobatan kanker tertentu. Obat dengan harga terjangkau dan mudah ditemui, bisa mengatasi masalah radang yang dialami pada penyakit kanker. Penderita akan merasakan adanya rasa sakit yang berkurang meskipun tak dapat menyembuhkan sel kankernya.

8.     Alergi Dermatitis

Alergi bisa membuat masalah kulit seperti dermatitis yang akan menyebabkan Anda merasa tidak nyaman. Bahkan penyakit dermatitis ini kerap terjadi pada anak-anak. Obat ini bisa digunakan untuk mengatasi alergi yang menyebabkan dermatitis menjadi semakin parah.

9.     Asma

Asma menjadi salah satu penyakit yang bisa membuat gejala Covid yang dialami bisa sangat buruk. Kesulitan bernapas akan membuat risiko buruk bisa terjadi kapan saja. Obat ini bisa mengatasi masalah asma yang dimiliki.

Seorang ilmuwan AS Anthony Fauci menyatakan obat dexamethasone tidak boleh diresepkan langsung kepada pasien Covid. Perlu pemeriksaan terlebih dahulu agar dosis yang diberikan kepada pasien Covid sesuai dengan kebutuhan tubuhnya. Selain itu, Anda tetap harus menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus Covid-19.

Belum ada Komentar untuk " Benarkah Dexamethasone Berguna untuk Pasien Covid? Ini Manfaatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel