Informasi Lengkap Tentang Jaminan Kematian Khusus Karyawan Perusahaan

 

Sekarang ini, klaim atas Jaminan kematian khusus karyawan sejatinya banyak diberikan perusahaan kepada ahli waris atau keluarga pada saat pemegang polis meninggal dunia bukan akibat kecelakaan kerja atau penyakit selama periode masa kerja. Meski demikian, Anda tentu masih bingung mengenai bagaimana cara mengklaim kematian khusus karyawan jika dibutuhkan sewaktu-waktu, bukan? Nah, untuk lebih memahaminya Anda bisa menyimak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

 

Apa yang dimaksud jaminan kematian?

Secara umum, jaminan kematian (JKM) merupakan sejumlah bantuan berupa uang tunai yang diperoleh ahli waris ketika peserta dinyatakan meninggal dunia bukan karena kecelakaan atau penyakit akibat kerja. Dengan adanya jaminan kematian ini, maka beban keluarga yang ditinggalkan peserta menjadi lebih ringan dengan adanya bentuk biaya pemakaman, uang santunan, hingga beasiswa anak-anak yang masih sekolah.  

 

Bagaimana cara mengajukan klaim kematian?

Banyak sekali masyarakat yang mempertanyakan mengenai bagaimana cara mengajukan klaim kematian kepada pihak terkait. Nah, seperti misalnya di PT FWD Insurance Indonesia, Anda bisa melakukan pengajuan klaim kematian dengan memperhatikan beberapa persyaratan seperti berikut ini.

        Melengkapi beberapa dokumen pendukung


1.     Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku.

2.     Menyertakan surat kematian asli atau fotokopi yang telah dilegalisir. Penting bahwa dokter yang menangani peserta juga harus memberikan tanda tangan di surat tersebut.

3.     Menyertakan akta kematian dari catatan sipil atau salinan legalisir dari instansi terkait.

4.     Menyertakan berita acara kepolisian asli atau salinan legalisir dari instansi terkait (jika hal ini berhubungan dengan kecelakaan lalu lintas ataupun hal yang tidak wajar).

5.     Menyertakan surat keterangan ahli waris, dokumen pembukti peserta dengan ahli waris (kartu keluarga / surat nikah / akta kelahiran) dan identitas ahli waris. 


        Mengisi formulir klaim kematian khusus karyawan

Dalam mengisi klaim kematian ini, biasanya ahli waris / keluarga yang bertanggung jawab untuk mengisi formulir klaim kematian dari peserta yang sudah meninggal dunia. 


        Mengajukan formulir klaim dan dokumen pendukung

Setelah mengisikan formulir klaim kematian, pihak ahli waris / keluarga bisa mengirimkan formulir dan beberapa dokumen pendukung ke alamat lembaga terkait. Seperti misalnya di PT FWD Insurance Indonesia Pacific Century Place Lantai 20 SCBD Lot 10 Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53 Jakarta Selatan 12190 Indonesia.

 

Kapan klaim kematian khusus karyawan dibayarkan?

Sebelum pihak terkait membayarkan klaim kematian, ahli waris biasanya diminta untuk mengajukan klaim dalam rentang waktu 30 hari setelah menerima perawatan media atau 30 hari sejak tanggal peserta terkena insiden. Dengan begitu, maka pihak terkait akan membayar klaim kematian ke rekening perusahaan terlebih dahulu. Baru kemudian, perusahaan yang akan mengirimkannya kepada rekening ahli waris / keluarga.

Sementara itu, untuk proses pembayaran klaim kematian ini biasanya berlangsung dengan waktu antara 4 – 10 hari kerja terhitung dari pengajuan dokumen klaim tersebut. Jika klaim disetujui, maka pihak nasabah akan menerima email pemberitahuan bahwa klaim sedang diproses. Setelah itu, pihak terkait akan membayarkan semua klaim kematian dalam waktu maksimal 2 – 3 hari kerja dari tanggal persetujuan klaim.

Itulah beberapa informasi penting yang bisa Anda perhatikan mengenai jaminan klaim kematian khusus karyawan yang biasanya diajukan oleh ahli waris ketika peserta mengalami musibah tertentu. 

 

Belum ada Komentar untuk " Informasi Lengkap Tentang Jaminan Kematian Khusus Karyawan Perusahaan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel